Senin, 09 November 2015

Cara Sederhana Membuat Pupuk Organik dari Sisa Makanan dan Kotoran Hewan


Cara Sederhana  Membuat Pupuk Organik dari Sisa Makanan dan Kotoran Hewan – Pupuk organik adalah pupuk yang dihasilkan dari bahan-bahan alami seperti; dedaunan yang membusuk, kotoran hewan, dan lain sebagainya. Pupuk organik sangat di anjurkan karena selain harganya murah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk kita dapatkan, penggunaan pupuk organik juga dapat mengurangi pencemaran dari akibat bahan kimia yang digunakan dalam pupuk an-organik.

Disini kami akan memberikan informasi, cara sederhana membuat pupuk organik dari sisa-sisa makanan dan kotoran hewan yang sering kami buat untuk memupuk tanaman kelapa sawit di perkebunan kelapa sawit milik kami sendiri. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, Anda tinggal mempersiapkan rumput-rumput sisa makanan hewan peliharaan atau rumput-rumput yang sudah agak mulai membusuk dan juga kotoran hewan.

Kami menggunakan kotoran sapi dan juga kotoran kambing untuk campuran. Setelah semua bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, lalu kita campurkan dan aduk supaya merata. Anda tidak perlu memerlukan tempat khusus untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut, Anda cukup mencampurkan bahan-bahan tersebut diatas tanah saja.

Langkah-langkah diatas belum cukup, supaya pupuk organik nya cepat jadi dan juga respon terhadap tanaman kelapa sawit supaya cepat, kami membakarnya sedikit demi sedikit bahan-bahan pupuk organik yang kami buat. Dari pembakaran inilah akan menghasilkan pupuk organik yang bermutu. Tanaman kelapa sawit yang dipupuk dengan menggunakan pupuk organik yang dibuat dengan cara diatas, kami mendapati;

  • Tanaman tumbuh dengan subur, daun tanaman kelapa sawit terlihat sangat hijau.
  • Buah kelapa sawit bertambah lebat, dan juga bobot buah kelapa sawit bertambah berat.

Tips-tips :

  • Hasil akan terlihat jika kita memberikan pupuk organik tersebut dengan jumlah yang tidak sedikit dan pemberian pupuk secara rutin.
  • Kita bisa membuat pupuk organik tersebut dengan campuran-campuran kotoran hewan sekaligus.
  • Pemupuk-kan dilakukan dibawah pohon kelapa sawit dengan jarak dari pohon kurang lebih sekitar 30cm.

Demikian cara kami membuat pupuk organik yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan dan kotoran-kotoran hewan. Kesuburan tanah di setiap daerah pasti berbeda, kami tidak bisa menjamin keberhasilan 100% cara ini. Namun menurut kami apa salahnya untuk mencoba, toh keberhasilan akan datang untuk orang-orang yang mau berusaha dan terus mencoba. Salam sukses untuk kita semua, semoga berkebun Anda lebih menyenangkan. Terima kasih.

0 komentar